Selasa, 22 Maret 2011

Klasifikasi [dasar]

 Sistem Klasifikasi ...

    Klasifikasi mahluk hidup merupakan pengelompokkan mahluk hidup berdasarkan perbedaan dan persamaan cirinya. Sistem klasifikasi pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus sekitar abad 18 yang ia sebut binomial nomenclature pengelompokkan menggunakan sistem nama ganda. Carolus Linaeus membuat 7 tingkatan klasifikasi, yaitu kingdom, filum(untuk hewan)/divisio(untuk tumbuhan), class, ordo, famili, genus, dan species. Banyak atau sedikitnya perbedaan mahluk hidup menentukan jenjang klasifikasi dan kekerabatannya.


A. Kingdom

    Kingdom merupakan golongan yang paling tinggi dalam tingkat klsifikasi. Kingdom terdiri atas beberapa filum. Untuk saat ini, mahluk hidup dibagi menjadi lima yaitu monera, protista, fungi, plantae, dan animalia.

B. Filum/Divisio

     Filum/Divisio merupakan tingkatan dibawah kingdom. Pengelompokannya dilakukan berdasarkan ciri-ciri yang umum, misalnya anjing dan kambing walaupun bentuk dan ukuran mereka berbeda, tetapi mereka memiliki ciri-ciri umum yang sama yaitu bertulang belakang (vertebrata).

C.Class

    Filum/Divisio dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan ciri yang masih umum. Contoh: kelas polychaeta, oligochaeta, dan hirudinae yang tergabung dalam annelida.

D. Ordo
    Ordo membagi kelas atau subkelas menjadi bagian-bagian yang lebih khusus. Untuk hewan, kategori ordo mengacu kepada prinsip-prinsip yang berlaku pada takson kelas. misalnya kelas mamalia yang ordo-ordonya terbentuk dari cara hidup anggota-anggotanya.
    Ordo, kelas dan filum ditulis menurut aturan berikut:
  • terdiri dari satu kata berbentuk jamak.
  • tidak terikat dengan tipe dibawahnya.
  • bersifat deskriptif.
Contoh: ordo lepidoptera, ordo crocodila ordo monogenea.

E. Famili
    Famili adalah suatu tingkatan takson yang terdiri dari satu atau lebih genus, dan terpisah dari kelompok lain oleh sesuatu pemisah yang jelas.
Contoh: Felidae, Canidae, Boaidae.

F. Genus
    Genus adalah tingkatan takson yang mencakup satu atau lebih spesies dan terpisah dari kelompok lain dengan suatu pemisah yang jelas.
Contoh: Elephas, Canis, Oryza.

G. Spesies
     Spesies adalah kelompok makhluk hidup yang memiliki persamaan ciri umum dan dapat melakukan perkawinan dengan sesamanya. Spesies menunjukkan individu, bukan kelompok atau golongan.
Contoh: Pongo pygmaeus, Papio anubis, Zea mays.

that's all i got for you about the taksonomy .....
thank's for reading ...
and don't forget to follow my blog :D

see ya in the next post ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar